Pengobatan Jerawat Dewasa


Penanganan jerawat dewasa sering kali membutuhkan terapi kombinasi (penggunaan dua macam obat atau lebih), pertolongan dokter kulit, dan tentunya kesabaran. Tetapi hal itu tentu wajib untuk anda lakukan sebagai cara menghilangkan jerawat

Berikut ini adalah beberapa alternatif pengobatan yang bisa efektif untuk jerawat dewasa:



Terapi lokal

Pengobatan lokal terhadap jerawat dewasa bisa menggunakan krim, lotion, dan gel. Pengobatan lokal yang mengombinasikan benzoyl peroxide dan antimikroba lokal seperti clindamycin atau erythromycin bisa efektif terhadap orang dewasa yang memiliki jerawat ringan sampai sedang. Menggabungkan clindamycin bersama retinoid juga bisa efektif. Produk-produk ini memerlukan resep doker. Produk tanpa resep yang mengandung sodium sulfacetamide dn sulfur bisa membantu beberapa orang dewasa, namun Anda harus waspada karena sekarang ini banyak sekali beredar obat-obat yang berbahaya.

Sementara itu, beberapa di antara pasien mungkin segan untuk menggunakan retinoid karena reputasi produk tersebut yang bisa membuat kulit teriritasi. Ketika memang Anda menggunakan retinoid, dokter kulit mungkin menyarankan Anda menggunakan tabir surya sebelum pergi ke tempat terbuka. Retinoid bisa menambah risiko terbakar oleh matahari.

Penggunaan kosmetik penghambat jerawat

Bahan-bahan penghambat jerawat seperti asam salisilat sekarang ini telah banyak ditemukan dalam produk-produk pelembab dan make up dasar untuk wajah. Sementara bahan-bahan aktifnya sama seperti produk yang tersedia bagi remaja. Formula produk bagi wanita dewasa bersifat lebih mengeringkan. Banyak dari produk ini mengandung bahan-bahan anti penuaan.
Meski terdengar sangat menjanjikan, bahan-bahan aktif yang telah terbukti pada produk tanpa resep ini mungkin tidak terlalu efektif untuk mengendalikan jerawat dewasa.

Pengobatan lewat mulut

Karena jerawat dewasa sering melibatkan perubahan hormon, pengobatan lewat mulut ini mungkin diperlukan untuk meminimalkan fluktuasi hormon dan mengendalikan jerawat. Obat yang dapat meminimalkan fluktuasi hormon pada wanita terdiri atas pil kontrasepsi, spironolactone, dan terapi penggantian hormon. Terapi-terapi ini tidak bisa diberikan pada semua wanita dan tidak boleh dilakukan selama hamil. Terapi penggatian hormon biasanya dicadangkan untuk mengobati wanita yang pembentukan jerawatnya pada masa sekitar atau setelah menopause. Terapi ini cenderung diresepkan ketika jerawat disertai oleh perubahan kondisi mental, insomnia, kegelisahan, rambut menipis, dan berkurangnya kemampuan berbicara.

Pemberian antibiotik dari mulut juga mungkin merupakan bagian dari rencana pengobatan jerawat dewasa dan bisa digunakan untuk membantu mengendalikan jerawat. Hasil studi terbaru memperlihatkan bahwa mengonsumsi antibiotik dan menggunakan retinoid lokal selama beberapa bulan, lalu menghentikan antibiotik bisa berhasil efektif. Retinoid lokal saja sering kali bisa menjaga hasil tersebut.

Jika jerawat berada pada tingkat yang parah atau sangat kebal terhadap pengobatan, dokter mungkin akan meresepkan isotretinoin yang tidak berkelanjutan bisa membantu orang dewasa untuk menjaga kulit tetap bersih. Para pasien berusia 50-an dan 60-an yang terkena jerawat secara sporadis telah berhasil diobati dengan isotretinoin lewat mulut berdosis rendah.

Ketika pengobatan lewat mulut diresepkan bagi jerawat, adalah penting untuk memastikan kepada para dokter apakah terapi ini aman untuk Anda.

Prosedur-prosedur fisik

Untuk mengobati nodula dan kista yang kadang mampu bertahan, dokter kulit bisa menyuntikkan corticosteroid ke dalam lesi. Pengobatan ini mengurangi nyeri dan pembengkakan secara cepat seperti halnya mengurangi petensi timbulnya parut.

Meski pengelupasan secara kimia dan pengobatan fisik lain yang tersedia di tempat semacam spa diklaim efektif dalam mengobati jerawat, peran mereka untuk mengobati jerawat dewasa belumlah pasti.

Tip-Tip Membantu dalam Pengobatan Jerawat

Pengobatan jerawat yang efektif memerlukan lebih daripada pengobatan semata. Apakah Anda berharap pengobatan jerawat dapat menghasilkan kulit yang bersih? Hasil yang lebih baik dari pengobatan jerawat akan diperoleh jika Anda melakukan langkah-langkah yang tepat.

1.     Gunakan obat jerawat Anda persis seperti yang diresepkan. Jerawat akan bersih hanya jika pengobatan tersebut tepa, menyerang semua penyebab timbulnya jerawat. Karena sebagian besar pengobatan jerawat hanya menyerang 1 atau 2 penyebab, sering kaii diperlukan 2 atau 3 produk. Untuk mendapatkan kulit yang lebih bersih, produk-produk ini harus digunakan berdasarkan resepnya.

2.     Utamakan untuk menggunakan obat dengan resep dokter daripada obat tanpa resep. Penggunaan produk-produk anti-jerawat tanpa resep dikhawatirkan bisa menyebabkan iritasi pada kulit. Iritasi kulit biasanya berujung pada lebih banyaknya jerawat yang muncul.

3.     Dokter kulit tidak ingin pasiennya dibingungkan oleh pengobatan jerawat. Jika ada yang tidak Anda pahami, tanyakan saja. Mengajukan pertanyaan sering kali merupakan jawaban terhadap pengobatan jerawat yang efektif.

Demikianlah beberapa cara mengobati jerawat pada orang dewasa, namun biasanya jerawat dewasa selalu meninggalkan bekas di wajah. Sehingga Anda perlu mencari cara untuk menghilangkan jerawat. Kita akan bahas hal ini pada tulisan berikutnya. semoga tulisan ini bermanfaat.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Diet Untuk Mengatasi Jerawat

Menghilangkan Jerawat dengan Daun Mimba

Perawatan pada Kulit Kering