Perawatan Pada Kulit Berminyak


Pada artikel sebelumnya kita telah membahas tentang perawatan pada kulit kering, kita telah mengetahui bagaimana jenis kulit kering dan cara mengatasinya agar kulit tidak kering lagi. Kali ini kita akan membahas tentang perawatan pada kulit berminyak, sebetulnya fungsi minyak pada kulit adalah untuk melindungi kulit agar tidak terkena iritasi akan tetapi jika produksi minyak terlalu berlebih hal ini akan menyebabkan kulit berminyak. Bagi kebanyakan orang kulit berminyak merupakan suatu hal yang mengganggu, mengapa demikian? Karena kulit yang berminyak jika terkena matahari akan terlihat mengkkilap dan jika terkena debu akan menimbulkan kekusaman pada wajah. Kulit berminyak juga adalah salah satu jenis kulit yang sering terkena jerawat, dikarenakan minyak yang berlebih yang menyatu dengan debu yang berakibat pada munculnya jerawat atau komedo.



Setelah kita mengetahui tentang karakteristik kulit berminyak, maka kita harus mengetahui juga bagaimana cara mengatasinya agar tidak salah dalam mengatasinya, karena beda jenis kulit beda juga cara mengatasinya. Berikut adalah cara untuk mengatasi jenis kulit berminyak:

  • Cuci muka dengan baik dan benar

Untuk melakukan perawatan pada kulit wajah jenis berminyak anda harus mencuci muka dengan baik dan benar, mengapa demikian? Untuk meminimalisir minyak anda harus rutin mencuci muka anda, namun ada beberapa cara mencuci muka yang baik dan benar seperti membasuh muka dengan air hangat, kemudian memakai pencuci muka yang tidak mengandung pelembap karena kandungan pencuci muka yang mengandung pelembap biasanya mengandung minyak yang cukup tinggi, selain itu anda disarankan memilih sabun anti bakteri agar bisa mencegah bakteri yang dapat menimbulkan jerawat, selanjutnya jangan terlalu digosok ketika membersihkan muka, cukup dioleskan dan digosok secara perlahan agar tidak terjadi iritasi pada kulit dan terakhir gunakan handuk dari bahan halus agar kulit wajah tidak mengalami gesekan lebih antara kulit dan handuk.

  • Pijat dengan halus dan lembut

Seperti yang telah disarankan sebelumnya bahwa dalam membersihkan wajah haruslah secara perlahan, hal ini dilakukan agar krim pembersih wajah bekerja secara maksimal, karena jika pada saat kita mencuci wajah secara tergesa-gesa dan langsung membasuhnya dengan air, zat yang terkandung dalam krim pembersih wajah belum bereaksi secara maksimal yang berdampak pada kotoran atau kulit mati pada permukaan kulit tidak terangkat semua. Lebih parahnya lagi jika anda menggosok muka dengan kasar jerawat anda malah semakin parah bukan hilang, hal ini diakibatkan karena adanya iritasi pada permukaan kulit yang terkena jerawat.

  • Gunakan masker wajah anti minyak
Bila anda intens dalam merawat kulit khususnya kulit wajah, maka anda sudah tidak asing lagi dengan istilah masker. Perlu anda perhatikan dalam memilih masker wajah, karena tidak semua masker wajah bisa mengatasi minyak berlebih soalnya kebanyakan masker merupakan pelembap bagi kulit wajah, pilihlah masker wajah anti minyak untuk mengurangi minyak pada kulit wajah. Jika anda masih ragu dengan masker yang anda punya anda bisa juga menggunakan masker alami dari bahan buah-buahan atau bisa juga menggunakan masker dari bahan alami lainnya.

  • Pilih Makeup yang Sesuai
Pada bahasan sebelumnya kita membahas tentang begitu pentingnya pemilihan makeup, karena dalam kasus jerawat yang sama akan berbeda penanganannya yang disebabkan oleh jenis kulit yang berbeda. Maka dari itu sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada ahlinya.

Begitu banyak cara menghilangkan jerawat, namun pada dasarnya lebih baik mencegah daripada mengobati. Cukup sekian pembahasan tentang perawatan kulit berminyak, nanti kita lanjutkan pembahasan lain tentang perawatan kulit.



Comments

Popular posts from this blog

Diet Untuk Mengatasi Jerawat

Cara Alami Menghilangkan Jerawat