Perawatan pada Kulit Kering


Lapisan pelindung paling luar dalam sistem organ manusia adalah kulit, fungsi kulit menjadi lebih penting, dikarenakan kulit yang akan pertama melindungi organ penting dari tubuh. Pada kali ini kita akan membahas tentang perawatan pada kulit kering, namun sebelum kita membahas hal tersebut kita akan membahas jenis kulit terlebih dahulu, berikut adalah penjelasannya:


  •  Kulit Normal

Kulit normal merupakan kulit yang tidak terdapat masalah, seperti kelainan kulit, kulit berminyak, kulit kering atau kelainan kulit lainnya. Yang berarti kulitnya memiliki tekstur ang halus dan lembut tanpa kelebihan minyak.

  • Kulit Berminyak

Adalah kondisi pada kulit yang memproduksi minyak secara berlebih yang biasanya diakubatkan oleh aktifitas yang tinggi atau adanya kelainan pada hormon penghasil minyak. Hal ini biasanya ditandai dengan munculnya bintik pada tisu kering jika ditempelkan pada muka, selain itu biasanya kulit yang berminyak lebih mudah terkena jerawat. Maka dari itu tidak dianjurkan untuk memakai kosmetik yang mengandung oil berlebih.

  • Kulit Kering

Kulit kering biasanya memiliki ciri seperti sisik dan mudah keriput, hal ini disebabkan karena kurangnya produksi air pada kelenjar penghasil cairan. Biasanya warna kulit akan menjadi kusam dan agak cepat menua.

  • Kulit Kombinasi

Kulit kombinasi terjadi pada saat kulit kering dan kulit berminyak timbul pada beberapa bagian pada kulit saja, seperti kulit berminyak yang terjadi pada bagian hidung dan kulit kering pada bagian dahi dan pipi.

  • Kulit Sensitif

Jenis kulit ini merupakan jenis kulit yang sering terkena penyakit, dikarenakan jenis kulit ini sangat mudah iritasi sehingga memudahkan bakteri atau kuman bersarang pada kulit sehingga menimbulkan penyait pada kulit. Dengan demikian perlu perawatan khusus bagi yang mempunyai jenis kulit sensitif ini.

Setelah kita mengetahui jenis kulit pada manusia kita juga harus mengetahui bagaimana cara mengatasinya sesuai dengan jenis kulit yang kita miliki, kita akan membahasnya satun persatu namun pada kali ini kita akan membahas tenang perawatan kulit kering terlebih dahulu, berikut adalah penjelsannya:

  • Buah Alpukat, Pepaya dan Pisang

Untuk kalian yang menyukai buah-buahan tentunya sudah tidak aneh lagi ketika memakan buah alpukat, pepaya dan pisang namun pernahkah anda mencoba menggunakan bahan dari ketiga buah itu sebagai bahan untuk masker? Ternyata ketiga buah ini bermanfaat bagi kulit wajah kita, bahkan bisa anda gunakan juga sebagai cara menghilangkan jerawat pada kulit anda. Cara melakukannya sangatlah mudah, yaitu dengan cara memarut buah sesuai dengan yang akan kita gunakan, setelah itu mencampurnya dengan sedikit krim atau air lalu ratakan pada atas muka, tunggu hingga dirasa cukup kemudian basuh dengan air dan bersihkan dengan handuk.

  • Apel

Selain yang ketiga buah di atas, ada kabar gembira untuk para penikmat buah atau yang suka akan aroma dari buah apel, ternyata buah apel juga bisa digunakan untuk mengatasi kulit wajah yang kering, bagaimana caranya? Sama seperti ketiga buah di atas apel juga bisa dugunakan sebagai masker.

  • Timun

Ada satu jenis sayur juga yang bisa anda gunakan sebagai masker, bagi anda yang sering menggunakan masker mungkin timun hanya dipakai untuk menutupi daerah mata saja, namun ternyata timun juga bisa anda gunakan untuk bahan masker.

  • Madu

Begitu banyak peranan madu bagi kesehatan, bahkan bisa anda gunakan untuk merawat kulit wajah anda. Dengan cara mencampurkan satu sendok madu dengan air secukupnya kemudian anda oleskan pada daerah kulit wajah anda yang kering, setelah itu diamkan beberapa saat, lalu basuh dengan air dan bersihkan dengan handuk.

Mencegah lebih baik daripada mengobati, jangan sampai kita salah mengambil tindakan untuk melakukan perawatan kulit kita, kenali dulu jenis kulit kita setah itu baru lakukan tindakan, kita tidak akan rugi jika kita rutin melakukan perawatan pada kulit kita, karena ternyata banyak cara untuk melakukannya selain menggunakan kosmetik mahal. Sekian dan terimakasih kita lanjutkan pada artikel berikutnya, see you .

Comments

Popular posts from this blog

Diet Untuk Mengatasi Jerawat

Menghilangkan Jerawat dengan Daun Mimba