Cara menghilangkan jerawat dengan teh hijau

Teh merupakan minuman yang memiliki banyak khasiat. minuman yang satu ini memiliki banyak macam jenisnya. di antaranya teh hijau, teh hitam, teh ulong. meskipun banyak macamnya, namun jenis jenis teh tersebut berasal dari tanaman yang sama, yaitu dari spesies Camellia sinensis. Namun yang membedakan jenis teh tersebut adalah proses pengolahannya. Diantara berbagai macam teh tersebut, teh hijau memiliki kndungan anti oksidan yang paing tinggi karena proses pengolahannya paling singkat di antara teh yang lain. hal ini ditujukan untuk menjaga kandungan gizi warna hijau pada teh.

Manfaat teh hijau diantaranya: menangkal radikal bebas, mengendalikan kadar gula dalam darah, mengobati dan menyembuhkan luka bakar, membantu proses peremajaan kulit, melembabkan kulit, mencegah kanker, menurunkan berat badan, dan menghambat beberapa jenis bakteri termasuk bakteri yang menyebabkan jerawat. oleh karena itu, teh hijau dapat digunakan sebagai salah satu cara menghilangkan jerawat.



sebelum membahas cara menghilangkan bekas jerawat dengan teh hijau, ada baiknya kita cari tahu dulu kandungan yang terdapat di dalam teh hijau, diantaranya:

  • vitamin B. Vitamin B membantu dalam metabolisme karbohidrat, membantu sekresi cairan pencernaan serta melindungi membran mukosa
  • pigmen tumbuhan. teh hijau mengandung klorofil hijau dan flavon kuning
  • Theanine. theanine inilah yang memberikan cita rasa yang lezat pada teh. semakin baik teh, maka theanine semakin banyak
  • alkalinitas. teh hijau mengandung kalium, kalsium, nikel,seng dan molibdenum
  • vitamin E. Vitamin E yang terdapat pada teh hijau dapat membantu peremajaan kulit
  • Vitamin C. selain berfungsi untuk menjaga daya tahan tubuh, vitamin C juga dikenal sebagai bahan antioksidan yang baik untuk kulit.
  • kafein. seperti yang kita ketahui bersama, stress bisa menjadi salah satu penyebab munculnya jerawat. kafein dalam teh hijau dapat membantu menghilangkan stres.
  • Tanin (Katekin). Tanin inilah yang memberikan ciri khas pada teh hijau. Tanin inilah yang membantu menghilangkan jerawat karena mengandung antioksidan dan antibakteri. 


baiklah, sekarang kita bahas beberapa cara pemafaatan teh hijau untuk menghilangkan jerawat, diantaranya:



1. menjadikan teh hijau sebagai masker wajah

masker wajah memang sudah lumrah digunakan untuk merawat kulit wajah baik untuk mencegah ataupun menghilangkan jerawat. teh hijau ternyata dapat digunakan sebagai salah satu bahan untuk membuat masker wajah. cara membuat masker wajah dari teh hijau sangatlah mudah, anda bisa membuatnya di rumah, dengan bahan bahan sebagai berikut:

  • 1 kantong teh hijau (instan)
  • 1/2 sendok teh perasaan air lemon
  • sedikit tambahan bubuk kunyit

cara membuatnya

  • keluarkan isi teh hijau dari kantongnya
  • tuangkan teh hijau dalam wadah
  • tumbuk sampai benar benar halus
  • tambahkan perasaan air lemon dan sedikit bubuk kunyit
  • aduklah hingga merata, tambahkan sedikit air agar terbentuk seperti pasta

aplikasikan pasta teh hijau dengan cara dioleskan ke muka, kemudian tunggu sampai kering atau sekitar 10 menit. setelah itu, bilaslah wajah anda dengan air dingin.

2. diminum secara langsung, menhilangkan jerawat dari dalam

seperti yang telah kita bahas di atas, teh hijau memiiki kandungan anti oksidan dan anti peradangan. apabila kita rajin meminum teh hijau, wajah kita akan terhindar dari resiko berjerawat. dan apabila terdapat jerawat di wajah, proses penyembuhan jerawat akan lebih cepat, karena zat anti peradangan pada teh hijau. selain itu anti oksidan pda teh hijau juga bermanfaat untuk membunuh bakteri penyebab jerawat.

3. mencuci muka dengan air teh hijau

cara ini adalah cara yang paling mudah dalam memanfaatkan teh hijau untuk menghilangkan jerawat. anda cukup mencelupkan teh hijau ke dalam air panas selama 15 menit. biarkan teh sampai hangat dan bilaskanlah air teh hijau pada wajah anda. anda bisa sambil memijat wajah anda selama 5 - 7 menit. anda bisa melakukan pencucian wajah setiap hari sebelum tidur untuk mendapatkan hasil yang maksimal. proses ini juga bisa membantu mencerahkan wajah anda.

Demikianlah cara memanfaatkan teh daun hijau untuk mengatasi jerawat. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

Diet Untuk Mengatasi Jerawat

Menghilangkan Jerawat dengan Daun Mimba

Perawatan pada Kulit Kering