Beberapa Mitos tentang Jerawat


Kali ini kita akan membahas tentang mitos jerawat, percaya atau tidak banyak perdebatan mengenai mitos jerawat. Jika dilihat dari segi definisi mitos merupakan cerita dahulu kala yang dianggap benar, maka dari itu rasanya menarik jika kita membahas mitos jerawat, dengan demikian kita akan mengetahui lebih mengenai jerawat dan pada akhirnya kita mengetahui cara menghilangkan jerawat.


Ada beberapa mitos tentang jerawat, berikut adalah penjelasan lebih lanjut :
  • Cokelat, pizza, dan kentng goreng dapat menyebabkan jerawat


Benar atau salah, kenyataannya tidak ada hubungan antara mengkonsumsi cokelat, pizza dan kentang goreng. Apa alasannya ?, karena faktor penyebab timbulnya jerawat dikarenakan adanya bakteri yang berperan lebih yang biasanya dikenal dengan nama biologi Propionibacteria acnes (P. acnes).

Mesikupun sebagian dari ahli pangan menyetujui adanya hubungan antara timbulnya jerawat dengan makan, namun kenyataannya kita harus melakukan benyak riset lagi dikarenakan pada sampel masyarakat tradisional banyak populasi yang nyatanya tidak timbul jerawat akibat mengkonsumsi makanan tersebut.

  • Komedo hitam disebabkan oleh kotoran yang terpenrangkap oleh pori-pori

Kebanyakan iklan di TV atau media lain biasanya menceritakan tentang menghilangkan komedo di muka, yang sering diibaratkan dengan kotoran yang terperangkap oleh pori-pori. Jika ditinjau secara ilmiah ternyata, penyebab terjadinya komedo adalah akumulasi dari sel-sel  kulit mati dan keringat yang membentuk sumbatan seperti cacing dan tidak ditutupi oleh sel kulit mati, yang pada akhirnya dengan berjalannya waktu berubah warna menjadi cokelat bahkan sampai menghitam.

  • Anda mendapatkan jerawat dari orang lain



Anda memiliki teman yang mengidap jerawat batu? Jangan khawatir untuk bersalaman dan bergaul dengannya, karena ternyata jerawat tidak menular dan tidak ditularkan oleh pengidapnya. Pada intinya penyebab terjadinya jerawat disebabkan oleh tiga faktor besar, pertama diakibatkan oleh kelainan pada pori-pori kulit, kedua adalah kelebihan minyak dan yang ketiga adalah bakteri yang memicu terjadinya jerawat.
  • Anda mendapatkan jerawat dari orang lain

Kebiasaan orang berpandangan ketika kita menjemur wajah atau badan dapat mengurangi dampak jerawat, hal ini dapat kita benarkan karena jika kita tinjau dari segi jangka pendek ini merupakan cara yang efektif mengurangi dampak jerawat, namun jika ditinjau dari segi jangka panjang hal ini akan menyebabkan kulit iritasi dan pada akhirnya akan menimbulkan bekas pada wajah atau bagian badan yang terkena jerawat.

  • Semakin sering mencuci muka dapat mengobati jerawat lebih cepat

Menjaga kebersihan wajah memang sangat diperlukan untuk memperkecil resiko terkena jerawat, untuk menjaga wajahnya tetap bersih sebagian orang membersihkan wajahnya lebih sering. Tetapi tahukan Anda apabila Anda terlalu sering mencuci wajah dengan menggunakan sabun wajah justru dapat menyebabkan iritasi pada wajah Anda dan malah akan  memperparah jerawat Anda. bersihkanlah wajah Anda seperlunya, setidaknya dua kali dalam sehari.

Pada dasarnya kebanyakan penderita jerawat adalah kalangan remaja, dikarenakan perkembangan hormon yang menyebabkan jerawat berkembang secara pesat pada rasa remaja. Bagi remaja wanita biasanya cukup dengan terapi hormonal, karena biasanya para remaja wanita lebih condong pada hormonal yang masih labil, sedangkan pada remaja laki-laki perlu penanganan lebih dikarenakan pada remaja laki-laki produksi hormon pemicu kelenjar keringat lebih banyak, maka dari itu remaja laki-laki mempunyai satu faktor tambahan dari pada remaja wanita yaitu kandungan minyak yang berlebih.

Demikian informasi tentang mitos jerawat, banyak orang berpendapat, ada yang menyetujuinya dan ada juga yang tidak setuju, begitulah kehidupan tergantung dari sudut pandang mana yang kita pakai, dan tergantung dari pemahaman mana yang kita gunakan. Kita akan lanjutkan pembahasan seputar jerawat pada tulisan selanjutnya, agar kita bisa memahami karakter jerawat dan diharapkan bisa mengatasi jerawat bahkan mencegahnya. 



Comments

Popular posts from this blog

Diet Untuk Mengatasi Jerawat

Menghilangkan Jerawat dengan Daun Mimba

Perawatan pada Kulit Kering