Macam-macam Jerawat dan Cara Mengatasinya

Jerawat adalah suatu hal yang pernah dialami oleh hampir semua orang, apalagi bagi anda yang pada saat ini memasuki usia remaja, namun tidak menutup kemungkinan juga setelah remaja sebagian orang masih timbul jerawat. Hal ini yang biasanya menggangu kita untuk beraktifitas, dikarenakan tingkat kepercayaan seseorang bisa menurun ketika timbul jerwat , maka dari itu kita harus mengetahui macam-macam jerawat agar kita bisa mengetahui cara mengatasijerawat.



Tentang Jerawat

Bagi kalian mungkin akan bertanya-tanya kenapa jerawat bisa timbul, pada dasarnya ada tiga penyebab inti kenapa jerawat bisa timbul, pertama karena ada gangguan hormonal pada tubuh seseorang yang menyebabkan peningkatan produksi hormon penyebab jerawat yang berakibat pada timbulnya jerawat, kedua adalah dikarenakan kandungan minyak atau produksi minyak pada tubuh berlebih dan yang terakhir disebabkan oleh kelainan pada kulit yang berdampak pada timbulnya jerawat. Dari segi timbulnya jerawat tersebut, maka jerawat dapat digolongkan menjadi beberapa macam yaitu :

  •     Jerawat Biasa

Jenis jerawat mempunyai karakteristik kecil dan mempunyai warna putih kemerahan, biasanya hampir semua orang pernah mengalaminya. Jerawat ini ditimbulkan karena adanya bakteri Propionibacterium acne , namun yang perlu diperhatikan adalah dampak iritasi yang ditimbulkan pada sekitar jerawat.

Cara mengatasinya adalah dengan cara mengoleskan pasta gigi pada jerawat sebelum anda tidur, karena pasta gigi mengandung  fluroide yang dapat mengurangi bengkak dan kemerahan yang ditimbulkan oleh jerawat. Namun, selain itu anda juga bisa menggunakan tomat dan lemon sebagai masker untuk menghilangkan jerawat maupun bekas jerawatnya.

  •        Komedo

Komedo ini disebabkan oleh sel mati dan produksi lemak yang berlebih dan diiringi dengan pori-pori terbuka, pada tahap awal kulit mati bewarna putih dan pada tahap selanjutnya seiring berjalannya waktu warnanya akan menjadi kehitaman yang diakibatkan oleh kontaminasi polusi udara.

Cara mengatasinya adalah dengan menggunakan media telur, namun yang kita pakai hanya putih telurnya saja. Cara melakukannya adalah dengan memisahkan kuning telur dengan putih telur, setelah itu celupkan putih telur menggunakan kapas, lalu tempelkan kapas yang sudah duberi putih telur ke atas permukaan kulit yang terdapat komedo, tunggu sampai kering dan langkah terakhir cabut kapas dari wajah secara perlahan, perhatikan hasilnya.

  •        Jerawat Batu

Jerawat ini memiliki bentuk yang lebih besar dari jerawat biasa, selain itu jerawat ini juga bewarna lebih merah dan menimbulkan peradangan, jika dibiarkan bekas jerawat yang ditinggalkan akas sulit untuk dihilangkan. Maka alangkah baiknya jika anda menderita jerawat batu segera konsultasikan ke dokter agar penanganannya tepat, dikarenakan jenis jerawat ini termasuk pada jerawat yang parah.

  • Jerawat Punggung

Jerawat punggung biasanya terjadi pada pria, jenis jerawat ini harus segera ditangani dikarenakan nodul pada jerawat kulit saling berhubungan dengan  bagian kulit yang lainnya, sehingga akan menimbulkan jerawat baru pada wilayah kulit lain, seperti pada lengan, leher, dada dan bokong.  Konsultasikan ke dokter karena jenis ini akan lebih efektif jika ditangani langsung oleh dokter agar tidak menyebar pada wilayah kulit lain.

  • Jerawat Mekanikal

Jenis jerawat ini biasanya ditemukan pada orang yang sering berolahraga atau yang sering memakai helm ketika berkendaraan, penyebabnya adalah panas, gesekan dan tekanan pada kulit yang menimbulkan jerawat muncul.

Cara menjegahnya adalah lapisi helm dengan bahan yang mudah menyerap cairan selain itu sebera bersihkan wajah ketika sudah memakai helm atau ketika sudah melakukan kegiatan olahraga.
                
Masih banyak macam-macam jerawat, namun untuk kali ini dicukupkan sekian. Kita akan berbagi info lagi tentang macam-macam jerawat dan cara mengatasi jerawat , agar kalian mengetahui bahwa tiap jerawat memiliki karakter yang berbeda, maka harus berbeda pula penanganannya.

Comments

Popular posts from this blog

Diet Untuk Mengatasi Jerawat

Menghilangkan Jerawat dengan Daun Mimba

Perawatan pada Kulit Kering