Menghilangkan Jerawat dengan Daun Mimba

Tahu kah Anda apa itu daun nimba? Mungkin sebagian besar dari anda baru mendengarnya. Nimba adalah tanaman herbal yang banyak khasiat dan manfaatnya bagi kesehatan dan diantaranya juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan jerawat.sebelum kita membahas lebih jauh tentang cara menghilangkan jerawat dengan daun mimba, ada baiknya kita pelajari dulu tentang apa itu jerawat.




Hampir semua pembaca mungkin sudah mengenal jerawat, malah mungkin pernah atau sedang mengalaminya. Sebetulnya, apa pengertian jerawat bila ditinjau dari sisi ilmiah? Apa sebabnya kita jerawatan?

Jerawat, arti dasarnya adalah kelainan pada unit pilosebaceous, aau biasa disebut kantung rambut atau pori-pori. Jerawat termasuk kelaian kulit yang paling banyak terjadi di hampir semua negara, tidak memandang ras atau status sosial. Jerawat vulgaris, biasanya cukup dikenal dengan nama jerawat saja, diklasifikasikan sebagai penyakit radang kronis pada kulit yang umum terjadi.

Jerawat paling sering menyerang kulit yang memiliki jumlah kantung rambut paling banyak, yaitu pada wajah, dada bagian atas, dan punggung. Jerawat yang parah sifatnya meradang, tapi dalam bentuk yang tidak meradang pun bisa juga disebut jerawat. Radang tersebut disebabkan oleh adanya perubahan pada unit pilosebaceous, yaitu struktur kulit yang terdiri atas kantung rambut dan kelenjar keringat yang terhubung dengannya; perubahan ini memerlukan stimulasi androgen.

Jerawat umunya paling banyak muncul pada masa remaja, dan sering berlanjut hingga dewasa. Bagi remaja, jerawat ini biasanya dipicu oleh meningkatnya hormon, yang jumlahnya bertambah pada laki-laki dan perempuan selama masa pubertas. Pada kebanyakan orang, jerawat akan berkurang dari waktu ke waktu dan cenderung menghilang—atau minimal sedikit berkurang—setelah mencapai usia awal dua puluhan. Namun demikian, tidak ada cara untuk memperkirakan kapan jerawat bisa menyingkir sepenuhnya. Beberapa orang mungkin membawa kondisi ini hingga usia tiga puluhan, empat puluhan, dan seterusnya.

Jerawat dikeali dengan adanya bintil-bintil atau tonjolan lemak pada permukaan kulit, komedo hitam atau putih. Muncul terutama pada wajah, leher, dada, punggung, dan/atau bagian atas lengan dari penderita. Jarang ditemukan jerawat pada area tubuh lainnya, walau tidak menutup kemungkinan juga. Dalam pembentukannya, jerawat bisa bermacam-macam, mulai dari sangat ringan sampai sangat parah.

Beberapa nodula besar yang disebut “kista” dan istilah nodulocystic telah dipakai untuk menggambarkan kasus jerawat yang meradang. Kista, atau bisul yang menyertai jerawat kista, dapat muncul pada bokong, pangkal paha, daerah ketiak, serta tempat lainnya di mana keringat banyak terkumpul di dalam kantung rambut dan saluran keringat. Jerawat kista menyerang jaringan kulit lebih dalam daripada jerawat umumnya.

Tidak diketahui pasti penyebab munculnya jerawat, agaknya itu merupakan hasil dari banyak faktor yang datang bersamaan sehingga menimulkan situasi munculnya jerawat. Mereka yang rentan terhadap jerawat sering memiliki kulit lebih berminyak daripada biasanya. Minyak yang berlebih dapat mudah terperangkap di dalam pori-pori, sehingga menimbulkan dampat menuju jerawat.
Kulit berjerawat juga memproduksi sel-sel kulit mati lebih banyak dibanding kuli normal, di mana sel-sel kulit mati tersebut tidak tertampung dengan baik. Sel-sel mati ini tetap tinggal di permukaan kulit dan di dalam folikel-folikel, bercampur dengan minyak yang berlebih dan menghasilkan komedo.

Bagaimana cara menghilangkan jerawat?

Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk meghilangkan jerawat, baik itu dengan cara medis maupun tradisional. Untuk jerawat yang parah mungkin anda harus mengobatinya secara medis dengan bantuan dokter agar jerawat anda bisa segera diatasi, bukan hanya jerawatnya, namun juga untuk menghilangkan bekas jerawatnya. Tetapi jika jerawat anda biasa saja, anda bisa mencoba beberapa ramuan herbal, diantaranya adalah dengan menggunakan ekstrak daun nimba.



Daun nimba dapat digunakan untuk mengatasi jerawat karena mengandung bahan anti-mikroba dan anti-bakteri. sebagaimana kita tahu bahwa jerawat berkembang di wajah karena adanya bakteri di dalam kantung minyak di wajha kita. Dengan mengguakan ekstrak daun nimba, bakteri tersebut dan diatasi dan jerawat tidak akan terus berkembang. Selain itu, beberapa manfaat daun Nimba diantaranya sebagai imunomodulator, anti-inflamasi, antihyperglycaemic, anti-ulkus, antimalaria, anti-jamur, antibakteri, antivirus, antioksidan, anti-mutagenik, dan anti-karsinogenik. Jika Anda tidak ingin repot-repot membuat ekstrak dau nimba, Anda bisa mendapatkan ekstrak nimba dari produk-produk yang sudah terpercaya. Cukup gunakan dua kali setiap hari, maka jerawat anda akan segera teratasi.

Comments

Popular posts from this blog

Diet Untuk Mengatasi Jerawat

Perawatan pada Kulit Kering