Perawatan pada Kulit Sensitif


Kita bertemu lagi di artikel ini, pada pembahasan sebelumnya kita telah membahas tentang perawatan padakulit kering dan perawatan padakulit berminyak untuk kali ini kita akan membahas tentang perawatan pada kulit sensitif, ingatlah satu kata kunci sebelum anda melanjutkan membaca, yaitu setiap jenis kulit memiliki perawatan yang berbeda meskipun jenis jerawatnya sama.

Sebelum kita membahas tentang cara perawatan pada kulit sensitif, kita harus mengetahui terlebih dahulu bagaimana ciri-ciri dari jenis kulit sensitif agar penanganan yang akan dilakukan sesuai dengan jenis kulitnya, berikut adalah ciri-ciri jenis kulit sensitif:


  •  Sering muncul bercak dan ruam

Biasanya orang yang memiliki jenis kulit sensitif akan lebih sering mengalami bercak dan ruam, hal ini diakibatkan oleh cuaca atau bisa juga diakibatkan oleh salah menggunakan pembersih wajah. Maka dari itu jika anda mengalami hal ini, alangkah baiknya anda melakukan pengecekan atau melakukan perawatan kulit wajah secara rutin.

  • Tidak menyerap wewangian

Kulit sensitif biasanya agak kurang dalam proses penyerapan wewangian, maka jika anda mengalami masalah dengan bau badan, mungkin anda bermasalah dengan jenis kulit anda.

  • Produk kosmetik membuat kulit anda menjadi merah

Pada suatu kondisi, kulit yang sensitif sangatlah rentan akan munculnya kemerah-merahan pada kulit, biasanya diakibatkan oleh cuaca atau salah pemakaian kosmetik. Maka dari itu bagi jenis kulit sensitif jangan asal memilih bahan kosmetik, karena jika salah memilih bahan kosmetik akan menyebabkan iritasi pada kulit yang pada akhirnya menyebabkan merah-merah di atas permukaan kulit.

  • Kulit sering mengelupas

Kulit mengelupas merupakan ciri bahwa ada masalah pada kulit anda, biasanya hal ini sebabkan oleh kelebihan pemakaian kosmetik untuk mengangkat sel kulit mati yang berdampak pada kulit yang masih aktif terangkat dikarenakan sel kulit mati pada wajah sudah terangkat, selain itu kulit sering mengelupas biasanya didukung dengan kondisi alam yang sangat kering, jadi anda disarankan untuk memakai pelembap secukupnya. 

Orang dengan kulit yang sensitif tentu sudah sadar akan risiko yang akan dihadapi. Selain rentan terhadap kerusakan dan jerawat, jenis kulit ini juga sangat reaktif terhadap sebagian besar produk perawatan kulit dan riasan wajah. Terdapat beberapa perawatan agar kulit terjaga dengan baik:
  • Perlakukan kulit dengan lembut

Pada orang berjenis kulit sensitif haruslah memperlakukan kulit dengan lembut, baik ketika mengoleskan kosmetik pada wajah atau ketika menghapus makeup pada wajah, karena jika tidak dilakukan secara lembut maka akan terasa gatal yang diakibatkan oleh iritasi pada kulit.
  •  Tes produk kosmetik

Bagi anda pengguna kosmetik, sebaiknya anda tes terlebih dahulu produk kosmetik yang akan anda beli, caranya adalah dengan mengoleskan sedikit  produk kosmetik pada kulit mana saja, tunggu beberapa saat dan liat reaksinya, jika ada kemerah-merahan atau terasa gatal pada kulit maka produk kosmetik tersebut tidak cocok untuk kulit anda.
  •  Sediakan tisu pembersih wajah

Tisu biasanya adalah benda yang tidak akan lupa bagi para wanita, namun tidak menutup kemungkinan para pria juga harus membawa benda yang satu ini juga, karena bagi anda yang memiliki kulit sensitif harus rajin membersihkan wajah anda agar alergi pada kulit bisa dihindari.
  • Selalu menggunakan tabir surya

Sinar matahari pagi merupakan pemecah vitamin D yang ada di dalam tubuh, namun akan berbeda ceritanya jika matahari sudah beranjak siang bahkan sore. Bagi orang yang memiliki jenis kulit sensitif sinar matahari merupakan masalah bagi kulit mereka, karena jika terlalu lama terkena matahari kulit mereka terasa gatal-gatal, maka dari itu untuk mencegahnya kita harus menggunakan tabir surya untuk meminimalisir kontak langsung antara matahari dan kulit
Masih banyak lagi cara yang mungkin harus anda lakukan untuk mengatasi kulit sensitif anda, karena untuk jenis kulit sensitif harus ada perawatan khusus agar tidak salah dalam menanganinya. Anda bisa juga membaca tentang cara menghilangkan jerawat jika anda sudah terlanjur muncul jerawat atau anda bisa juga baca tentang cara menghilangkan bekas jerawat jika anda sudah melewati fase kemunculan jerawat, cukup sekian informasi yang bisa disampaikan mudah-mudahan bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

Diet Untuk Mengatasi Jerawat

Menghilangkan Jerawat dengan Daun Mimba

Perawatan pada Kulit Kering